Arti Singkatan dan Kepanjangan HRD


Satu istilah ini tidak asing lagi bagi kita namun belum semua orang tahu apa itu kepanjangan HRD karena memang istilah singkatan HRD tidak semua orang memakainya. Dalam kehidupan sehari-hari juga jarang dibahas mengenai pengertian HRD ini. Hanya dalam kesempatan tertentu kadang kita mendengar istilah tersebut meskipun tidak semua orang dapat mendefinisikannya dengan tepat.

Demi pemahaman yang lebih baik maka kali ini akan kita bahas secara lengkap mengenai HRD dan bagaimana sesunguhnya istilah tersebut digunakan serta dalam bidang apa ada kemungkinan akan bersangkutan secara langsung dengan kalimat tersebut.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kerangka kerja untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan pribadi dan organisasi, pengetahuan, dan kemampuan. Pengembangan Sumber Daya Manusia termasuk kesempatan seperti pelatihan karyawan, pengembangan karir karyawan, manajemen kinerja dan pengembangan, pelatihan, mentoring, perencanaan suksesi, identifikasi karyawan kunci, bantuan uang sekolah, dan pengembangan organisasi.

Fokus dari semua aspek Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah pada pengembangan tenaga kerja paling unggul sehingga organisasi dan karyawan individu dapat mencapai tujuan pekerjaan mereka dalam pelayanan kepada pelanggan.

Organisasi memiliki banyak kesempatan untuk sumber daya manusia atau pengembangan karyawan, baik di dalam maupun di luar tempat kerja.

Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat formal seperti dalam pelatihan kelas, kursus perguruan tinggi, atau upaya perubahan terencana organisasi. Atau, Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat informal dalam pembinaan karyawan dengan manajer. Organisasi yang sehat percaya dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia dan mencakup semua basis-basis ini.


Pengertian HRD Menurut Para Ahli


HRD (Human Resources Development) telah didefinisikan oleh berbagai ahli dalam berbagai cara. Beberapa definisi penting dari HRD (Pengembangan Sumber Daya Manusia) adalah sebagai berikut:

Menurut Leonard Nadler, "Pengembangan sumber daya manusia merupakan serangkaian kegiatan yang terorganisir, yang dilakukan dalam waktu khusus dan dirancang untuk menghasilkan perubahan perilaku."

Dalam kata-kata Prof. TV Rao, "HRD adalah proses dimana karyawan dari sebuah organisasi yang membantu dengan cara terus menerus dan terencana untuk (i) memperoleh atau mempertajam kemampuan yang diperlukan untuk melakukan berbagai fungsi yang terkait dengan peran masa depan mereka saat ini atau diharapkan ; (ii) mengembangkan kemampuan jurnal mereka sebagai individu dan menemukan dan memanfaatkan potensi batin mereka sendiri untuk tujuan pengembangan organisasi mereka sendiri dan / atau; (iii) mengembangkan budaya organisasi di mana hubungan atasan-bawahan, kerja tim dan kolaborasi di antara sub-unit kuat dan memberikan kontribusi ke sumur profesional makhluk, motivasi dan kebanggaan karyawan. ".

Menurut M.M. Khan, "Pengembangan sumber daya manusia adalah seluruh meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan sikap kerja yang positif dari semua orang yang bekerja di semua tingkatan di badan usaha."

No comments:

Post a Comment